Evolusi E-BUSINESS

 A. Evolusi E-Bussiness

Ada 4 tahapan evolusi yang dipergunakan sebagai bahan pijakan yaitu:
  1. channel Enhancement
    Perusahaan konvensional yang ingin memanfaatkan internet dapat memulai dengan mempergunakan teknologi informasi sebagai kanal tambahan dan alternatif dalam menghubungkan perusahaan dengan para pelangganya.
  2. Value-Chaon Integration
    Menurut Michael Porter, value chain(rantai nilai) merupakan rangkaian proses atau aktivitas perubahan bahan mentah menjadi produk jadi.
  3. Industry Transformation
    Transformasi industri terjadi sebagai hasil dari perusahaan yang telah menyadari benar kekuatanya dan dapat memanfaatkan peluang e-bisnis yang akan ditawarkan oleh internet dan dunia maya.
  4. Convergence
    Kovergensi antara lebih dari satu industri terjadi karena dengan adanya internet, perusahaan dapat secara mudah berkolaborasi dan berkooperasi untuk menciptakan produk-produk baru yang tidak mungkin dapat diciptakantanpa adanya kerja sama tersebut.

B. Alasan Evolusi

Ada beberapa alasan evolusi, diantaranya:
  1. Sangat berhati-hati
  2. Resiko lebih kecil
  3. Benar-benar memberikan value kepada konsumen

C. Diagram Relasi E-Bussines

Pada dunia nyata, e-business bermula dari paket-paket aplikasi yang berisfat fungsional sedangkan pada dunia maya beragam aplikasi e-business dibangun berdasarkan paradigma proses(business process). Jika dilihat dari rangkaian business process yang seringkasi ditemukan diperusahaan, dari arah hulu menuju ke hilir, aplikasi e-business dapat dikatagorikan menjadi 4 jenis.
  1. Supply chain management (SCM): Aplikasi ini digunakan untuk mengelola rantai pasok dari bahan baku hingga produk akhir dan pengiriman ke pelanggan. Contoh aplikasi SCM yang terkenal adalah SAP Supply Chain Management, Oracle Supply Chain Management Cloud, dan JDA Software.

  2. Customer relationship management (CRM): Aplikasi ini digunakan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan memperbaiki hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. Contoh aplikasi CRM yang terkenal adalah Salesforce, Microsoft Dynamics 365, dan Oracle CRM.
  3. Enterprise resource planning (ERP): Aplikasi ini digunakan untuk mengintegrasikan dan mengelola semua proses bisnis di berbagai departemen perusahaan, termasuk keuangan, SDM, produksi, logistik, dan penjualan. Contoh aplikasi ERP yang terkenal adalah SAP Business One, Oracle ERP Cloud, dan Microsoft Dynamics GP.
  4. Human resource management (HRM): Aplikasi ini digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan kegiatan SDM, termasuk perekrutan, pelatihan, manajemen kinerja, dan penggajian. Contoh aplikasi HRM yang terkenal adalah Workday, SAP SuccessFactors, dan Oracle HCM Cloud.

D. Jenis E-Bussiness

  1. Business to Business (B2B)
  2. Business to Customer (B2C)
  3. Customer to Customer (C2C)
  4. Customer to Business (C2B)
  5. Business to government (B2G)

Comments

Popular posts from this blog

TUTORIAL IONIC : Installasi Ionic (PART 1)

TUTORIAL IONIC : Pindah Page/Move Page (PART 4)

Cara menampilkan modal ketika halaman di reload